soal adm

soal adminiserver


1. apa yang anda ketahui tentang definisi adminiserver
2. jelaskan secara singkat apa kepanjangan dari DNS dan IP pada istilah IP Address ?
3. apa itu PC server ?
4. apa itu Branded server
5. apa itu clestur
6. apa itu web server
7. apa itu workstation
8. apa fungsi dari firewal
9. singkatan dari apakah DHCP dan jelaskan
10. singkatan dari apakah FTP dan jelaskan

jawab

1. Administrasi Server Pada Jaringan Komputer adalah pengontrolan atau pengelolaan akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya. Administrasi itu sendiri merupakan suatu hal yang berhubungan dengan pengelolaan, pemberian jasa atau bantuan, dan pelayanan. Pengertian Definisi Administrasi  dan Server merupakan suatu bagian terpenting dari sebuah jaringan yang bertugas untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh client. Server juga didukung oleh processor dan RAM yang besar juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

2.  DNS (Domain Name System - Sistem Nama Domain) pada dasarnya mirip sebuah buku telepon untuk web. DNS merupakan sebuah sistem layanan jaringan yang menyimpan informasi nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database). DNS akan menerjemahkan nama tersebut menjadi alamat IP (internet protokol). Dengan adanya DNS ini, mempermudah pengguna internet menemukan website dengan sebuah nama yang lebih familier. Misalkan,  nama www.kumau.infoakan lebih mudah diingat, dikenal, ditulis daripada 216.239.38.21 (IPv4) atau pun 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).
Alamat IP adalah rangkaian angka yang menentukan di mana komputer atau perangkat seluler tertentu ada di internet. Alamat IP tertulis seperti ini: 74.125.19.147 atau 2001:e00:d:10:3:140::83. Karena alamat IP begitu rumit dan sulit diingat, dibuatlah URL. Sebagai ganti mengetik alamat IP (45.732.34.353) untuk membuka situs web Google, cukup hanya mengetik URL, www.google.com.

3. Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.
Terdapat tiga Macam macam server antara lain yaitu :
  • . Server Web
Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .
  • Server Applikasi
Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )
  • Server Database
Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.

4. Branded server adalah computer yang benar-benar didesain sebagai server. Branded server umumnya mampu dioperasikan dengan prosesor lebih dari satu buah. Branded server memiliki kapasitas memori dan harddisk yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan computer personal. Beberapa produsen dari branded server antra lain adalah IBM, Compaq dan hawlett Packard. Branded server di gunakan untuk melayani jaringan yang besar dan jumlah pengakses yang banyak. Sebagai contoh, untuk data base sebuah bank yang ternama di gunakan 16 prosesor 64 gigabyte memory karena harus melayani ribuan orang dalam setiap detiknya. Jika dibandingkan dengan PC server, sebuah branded server meliki harga belasan hingga puluhan kalilipat dari PC server.

5. CLUSTER SERVER merupakan jenis server yang memberikan layanan kepada para kliennya yang terhubung kedalam jaringan. cluster server dipasang untuk menangani kelebihan permintaan/server. cluster server juga dapat memberikan layanan jika ada server yang mengalami kerusakan

6. WEB SERVER merupakan tampilan yang dapat diakses menggunakan web browser, misalnya saya mozila firefox, internet ekplorer atau browser lainnya. web server merupakan software yang sangat penting dan menjadi bagian utama dari Www( World Wide Web). web server akan bekerja jika klien melakukan respon dengan menggunakan web browser. apabila terdapat proses request atau permintaan, maka web server akan memproses permintaan tersebut dan selanjutnya menghasilkan jawaban yang akan dikembalikan kebrowser yang digunakan.format yang dihasilkan adalah format standart general make up languange (SGML) dan jawaban yang diberikan pun disesuaikan dengan permintaan dari browser.dapat berupa teks maupun gambar web server dapat melakukan proses komunikasi dengan klient nya yakni web browser dengan menggunakan akan protokol HTTP(Hypertext Transfer Protokol) server dengan klien dapat saling berkomunikasi dengan mudah.format yang umum digunakan adalah format HTML. keuntungan format html adalah mudah di baca dan buka lebih sederhana dan mudah untuk di mengerti.

7. workstation) adalah komputer yang digunakan untuk perhitungan ilmiah atau teknis, atau keperluan. Komputer-komputer ini biasanya mahal, komputer dengan biaya tinggi. Mereka berbeda dari komputer biasa digunakan untuk pengolahan teks.

8. FUNGSI FIREWALL

·        Mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.
·    Firewall berfungsi juga dalam mengaturm memfilter dan mengontrol lalulintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi. Beberapa kriteria yang dilakukan firewall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak, antara lain :
·       Alamat IP dari komputer sumber
·       Port TCP/UDP sumber dari sumber.
·       Alamat IP dari komputer tujuan.
·       Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
·       Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.
·        Melakukan autentifikasi terhadap akses kejaringan.
·        Applikasi firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data.

9. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.
DHCP server umumnya memiliki sekumpulan alamat yang diizinkan untuk didistribusikan kepada klien, yang disebut sebagai DHCP Pool. Setiap klien kemudian akan menyewa alamat IP dari DHCP Pool ini untuk waktu yang ditentukan oleh DHCP, biasanya hingga beberapa hari. Manakala waktu penyewaan alamat IP tersebut habis masanya, klien akan meminta kepada server untuk memberikan alamat IP yang baru atau memperpanjangnya. DHCP Client akan mencoba untuk mendapatkan “penyewaan” alamat IP dari sebuah DHCP server dalam proses empat langkah berikut:
DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif. DHCPOFFER: Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client. DHCPREQUEST: Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan. DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya. Klien selanjutnya akan memulai proses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP, klien pun dapat memulai komunikasi jaringan.
10. FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.


Fungsi FTP

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini. Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYSLOG

JOBSHEET komputer Terapan

KOMDAT